Mengurus IKRAP Online

Di akhir tahun 2018, Kementrian Komunikasi dan Informatika menerbitkan Peraturan Menteri KOMINFO No 17 Tahun 2018. Peraturan ini merupakan penggabungan dan pembaharuan dari beberapa Peraturan Menteri KOMINFO sebelumnya yang mengatur tentang kegiatan radio amatir dan komunikasi radio antar penduduk (KRAP).

Selain perubahan mengenai frekuensi radio amatir maupun radio antar penduduk, perubahan yang paling signifikan dari peraturan Menteri KOMINFO 17/2018 adalah diterapkannya permohonan daring (online) untuk Ijin Amatir Radio (IAR) dan Ijin Komunikasi Radio Antar Penduduk (IKRAP). Permohonan melalui daring ini dilakukan melalui situs IAR-IKRAP yang sudah diujicoba setidaknya 1 tahun terakhir.

Dengan melalui situs IAR-IKRAP, proses permohonan IKRAP bisa dilakukan sebagai berikut:

  1. Siapkan file pas foto dengan latar belakang berwarna biru, dan scan KTP.
  2. Buka situs https://iar-ikrap.postel.go.id/,
  3. Lakukan pendaftaran pengguna dengan menggunakan email. Pastikan email masih bisa diakses, karena akan dilakukan verifikasi dan komunikasi untuk pembayaran dan penerbitan IKRAP.
  4. Setelah melakukan pendaftaran, klik tautan verifikasi yang dikirim melalui email.
  5. Login kembali pada situs IAR-IKRAP. Di sebelah kiri akan ada tautan untuk mengajukan permohonan IKRAP baru
  6. Isi data yang diminta, sesuai dengan KTP
  7. Setelah pengisian data selesai, sistem IAR-IKRAP akan mengirimkan tagihan pembayaran IKRAP ke email yang terdaftar. Tagihan ini bisa dibayar di ATM Mandiri atau BRI.
  8. Setelah pembayaran, sistem IAR-IKRAP akan langsung memproses penerbitan IKRAP. Pengalaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam sejak pembayaran, IKRAP sudah terbit.
  9. IKRAP bisa diunduh melalui situs IAR-IKRAP
  10. Callsign IKRAP diberikan secara acak oleh sistem.
IKRAP Hasil Permohonan Daring

Proses ini jauh lebih cepat dibandingkan proses yang lama. Beberapa orang bahkan harus menunggu berbulan-bulan sejak pembayaran hingga IKRAP terbit.

Selanjutnya, sesuai peraturan Menteri KOMINFO, setelah mendapatkan IKRAP dan Callsign, kita wajib mendaftarkan diri dalam waktu 30 hari sejak IKRAP terbit ke organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), yang menaungi kegiatan Komunikasi Radio Antar Penduduk. Lokasi RAPI untuk mendaftarkan harus sesuai dengan alamat KTP kita ya. Misalnya alamat KTP di Jakarta Selatan, maka harus mendaftar melalui RAPI Lokal Jakarta Selatan.

Mari kita tunggu, semoga proses pendaftaran RAPI pun bisa dilakukan secara daring. Dan semoga penggunaan frekuensi dan perangkat radio pun semakin tertib dengan dipermudahnya proses mendapatkan ijin.

18 thoughts on “Mengurus IKRAP Online”

  1. Setelah 30 hari mendapatkan IKRAP wajib lapor ke RAPI, maksudnya ke RAPI yang ada di daerahnya masing2.
    Gak jelas bahkan urutan cara daftar untuk mendapatkan IKRAP juga gak jelas sulit diikuti.

    1. Apakah bisa mendaftarkan untuk teman-teman says hanya melalui email saya, ataukah satu IKRAP satu email? Karena kami lakukan ” arisan call sign “

  2. Mas Ben, saya sudah selesai verifikasi lengkap photo dan KTP sudah di klik,
    sekarang saya tinggal nunggu apa, karena sudah beberapa hari tagihan biaya administrasi belum saya terima di email saya

  3. Saya barusan perpanjang IAR dan prosesnya sangat cepat. Tertarik untuk memiliki ijin RAPI, barusan saya daftar, bayar dan sekarang sudah dapat call sign.
    Masalahnya adalah: saya tidak tinggal di kota sesuai alamat KTP, sedangkan menurut om Ben paling lambat 30 hari kudu daftar ke seklok sesuai alamat KTP. Trus gimana ya kalau kasus seperti saya, apakah lalu IKRAP saya akan hangus 30 hari dari sekarang…???

    1. Cari saja om untuk alamat RAPI sesuai kota tinggal. Trus tingga di Whatsapp deh hehehe.

      Saya juga daftar API via whatsapp OM, soalnya belom sempet mampir ke sekretariat

    1. Tinggal diikuti saja instruksinya kalau untuk IKRAP. Daftar SDPPI, bayar dan langsung dapat callsign. Jangan lupa daftar ke RAPI ya.

  4. Sya bekali2 ulang callgin namun akun yg saya callsain milik orang lain. Nah pertanyaan saya bagai mana selanjutnya mengubah alamat email yg sudah duluan terdaftar itu menjadi pindah akun milik saya,. Mohon petunjuk dari beliau

  5. Ass wr wb maaf saya mau nanya kemaren saya sudah daftar dan sudah bayar kemudian sudah keluar call sign saya, saya coba cek call sign bisa keluar nama saya, tapi sekarang koq ga bisa di buka ya dgn call sign JZ15BOT….tolong solusinya gimana…?

    1. Sesuai PERMEN KOMINFO 18/2018, akan dikirimkan surat peringatan pertama. Setelah 60 hari dari IKRAP selesai akan dikirimkan surat peringatan kedua. Dan terakhir setelah 90 hari, maka IKRAP akan hangus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *